Rabu, 19 Agustus 2009

Aerobik Cocok Untuk Puasa

Selain mengatur pola dan gaya hidup sehat, Anda juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas fisik yang dapat membuat Anda bugar dan bersemangat menjalankan ibadah puasa. Dr Michael Triangto, SpKO dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran mengatakan, bahwa aktivitas fisik atau olahraga yang cocok dilakukan untuk kebugaran selama berpuasa adalah jenis olahraga aerobik.

Olahraga jenis aerobik merupakan satu aktivitas fisik yang menggunakan oksigen sebagai sumber energi dan dilakukan dengan gerakan yang seimbang dan berulang-ulang seperti jalan kaki, jogging, atau jika memungkinkan berenang. "Jangan lupa melakukan peregangan sebelum dan sesudah olahraga," tambah Michael.

Untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa, Anda tidak harus melakukan olahraga berat. "Sebagian besar pemikiran masyarakat olahraga merupakan satu latihan yang berat, dan jika belum berkeringat makan belum disebut olahraga. Padahal itu adalah pemikiran yang salah," ujar Michael. Pemikiran yang salah tersebut membuat banyak masyarakat jadi malas melakukan olahraga.

Tidak harus setiap hari Anda berolahraga, cukup 3-5 kali seminggu paling tidak selama 30 menit. "Anda bisa melakukannya setelah shalat Subuh, atau menjelang berbuka agar cairan yang hilang ketika berolahraga dapat segera tergantikan ketika berbuka," imbuh Michael.

Jenis olahraga ringan yang dilakukan bisa disesuaikan dengan kemampuan fisik seseorang. "Jika Anda memaksakan kondisi fisik Anda dengan olahraga yang berat, dikhawatirkan akan terjadi cedera pada otot atau kelelahan yang kronis," tambahnya.

Atau Anda bisa melakukan aerobik kelas ringan di tempat kebugaran seperti yoga, meditasi, pilates, thai-chi maupun stretching. Sedangkan jenis olahraga lain seperti berjalan dengan menggunakan treadmil. "Oleh karena itu, pilihlah aktivitas fisik yang ringan dan sesuai dengan kondisi fisik Anda agar selama berpuasa tetap bugar dan sehat serta dapat melakukan aktivitas lainnya dengan semangat," kata Michael yang saat ini menjabat sebagai direktur Slim + Health Sports Therapy di Mall Taman Anggrek, Jakarta. (5 September 2008)

Sumber :
http://www.litbang.depkes.go.id/lokabaturaja/index.php?option=com_content&task=view&id=118
20 Agustus 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar