Rabu, 19 Agustus 2009

Puasa Harus, Olahraga Jalan Terus

Menjelang bulan puasa Ramadhan, berbagai persiapan semakin gencar dilakukan. Anda pun sebaiknya mempersiapkan tubuh. Salah besar jika ada anggapan, berpuasa membuat aktivitas mengendur.

Berpuasa seharusnya menjadi ajang untuk meningkatkan aktivitas terutama berkaitan dengan ibadah. Untuk meraih kondisi tubuh yang fit, maka berolahraga di waktu berpuasa merupakan salah satu jawabannya. Olah raga saat berpuasa diyakini mampu mempercepat tubuh untuk memperbaiki kondisinya

Yang perlu diingat, olahraga saat berpuasa jangan sampai. Ahli Penyakit Dalam Kardivaskular, Dr. Kasim Rasijdi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berolah raga dibulan puasa, antara lain:

Pertama, lakukan olah raga setiap menjelang buka puasa, biasanya pada jam-jam menjelang berbuka kondisi badan begitu segar. Perhatikan asupan cairan yang cukup, terutama air putih untuk menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan.Pilihlah olah raga yang anda sukai.Terkait durasi berolahraga, lakukan olahraga layaknya saat aktivitas normal.Khusus yang berniat menurunkan berat badan, ada baiknya untuk menurunkan berat badan terlebih dahului dengan perbaikan pola makan baru diimbangi dengan olah raga.Perlu diingat, usai berolahraga dan saat berbuka, jangan mengkonsumsi makanan berlebihan. Hal itu berpotensi menggagalkan usaha tubuh mereparasi diri. (cr2/rin) (11 Agustus 2009)

Sumber :
http://www.republika.co.id/berita/68604/Puasa_Harus_Olahraga_Jalan_Terus
20 Agustus 2009

1 komentar:

  1. salam Kenal Gan....
    untuk waktu yg dibutuh kan untuk senam saat puasa itu berapa menit ya...
    dan untuk tren baju senam terbaru saat ini model apa ya...
    Terima kasih Gan...

    BalasHapus